Pertemuan II
Perkembangan dan klasifikasi komputer
Komputer merupakan
alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang
telah dirumuskan.
Blaise Pascal (1623-1662) adalah
orang yang pertama kali membuat mesin penjumlah, pada tahun 1642 untuk mengukur
jarak tempuh kereta. Charles Babbage
adalah ahli matematika dari Inggris yang mengembangkan mesin penghitung
otomatis. Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada lovelace, pada tahun 1834
Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk
digunakan pada angkatan laut yang disebut “ Different Engine “.
Herman Hollerith pegawai statistik
mengembangkan mesin hitung yang disebut “ Hollerith desk “ untuk menangani
sensus di AS tahun 1980, dengan meggunakan sistem plong punched-card untuk
mengoleksi dan melakukan tabulasi data. Dengan mengunakan mesin ini, proses
penghitungan sensus dapat diselesaikan dalm 2 tahun. Pada akhir abad 18
Hollerith mendirikan perusahaan “ Tabulating Machine Company “ . setelah
Hollerith pensiun pada tahun 1904, Thomas Watson,Sr menjadi presdir dan
kemudian mengubah nama perusahaan menjadi “ International Business Machine
Corporation “ (IBM).
Jhon Von Neuman adalah jenius
matematika dari Princeton, mengembangkan teori tentang peyimpanan program dalam
makalah yang berjudul “ A Preliminary Discussion Of The Logical Computing
Instrument “ tahun 1946.
Generasi komputer
1946-1957 : vacuum
tube ( geneasi I )
1958-1964 :
Transistor ( generasi II )
1965-1971 : SSI-Small
Scale Integration ( generasi III ) sekitar 100 transistor dalam satu chip
1971 : MSI-Medium Scale Integration (
100-300 transistor dalam satu chip )
1971-1977 :
LSI-Large Scale Integration ( 300-100.000 transistor dalam satu chip)
1978 : VLSI-Very Large Scale Integration (
100.000-100.000.000 transistor dalam satu chip )
Ultra Large Scale Integration ( generasi IV dan V )
Pertemuan III
Pengenalan komputer ( Input, Proses, Output )
Input device adalah
alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar, inputan bisa berupa data
ataupun perintah. Alat input antara lain :
Ø Papan ketik (Keyboard)
Ø Pointing Device (Mouse, Touch Pade, Light Pen)
Ø Scanner (MICR)
Ø Sensor (Digitizing Camera)
Ø Voice Recognition (Microphon)
Output device merupakan hasil dari pengolahan data
masukan dari input. Output dari pengolahan tersebut bisa berupa : tulisan
(hurup, angka, dan simbol), image (gambar atau grafik), suara (musik, lagu).
Untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa
ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer, sedangakan sound
hasil ditampilkan oleh speaker. Adapun alat output antara lain meliputi :
Ø Monitor
Ø Proyektor
Ø Speaker
Ø Printer
Ø Plotter
CPU adalah alat yang utama pada bagian proses, cpu
merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukan dari input dan
kemudian informasi yang dihasilkan dikeluarkan atau ditampilkan ke alat output.
Cpu terdiri dari dua bagian utama, yaitu control unit (CU) dan Arithmetic and
Logic Unit (ALU). CU bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang
ada pada sistem komputer, sedangkan ALU bertugas melakukan semua perhitungan
aritmatik sesuai dengan instruksi program.
Macam-macam prosessor : Processor Intel x86, Processor
Intel Pentium, Processor X Core, Processor AMD, dan Processor Cyrix.
Pertemuan IV
Pengenalan Hard Ware
Key board merupakan media
input utama dari sebuah komputer, bekerja dengan cara ditekan dan merupakan
sekumpulan hurup dan angka.
Mouse merupakan media
input “perintah” berbasis grafis, bekerja dengan klik dimana tiap klik mewakili
beberapa perintah jika harus diklikan.
Mother board merupakan tempat
bersatunya seluruh komponen pada komputer, input dan output dihubungkan dengan
proses IO Port. Masing-masing mother board meiliki konfigurasi tersendiri.
Processor merupakan otak
dari sebuah komputer yang bertugas mengatur seluruh kerja pada komputer.
Monitor merupakan media
output yang utama, output bersifat “soft copy”.
Memory merupakan tempat
penyimpanan sementara baik progaram maupun data, bersifat volatile atau
tergantung pada arus listrik.
Hard disk adalah media
penyimpanan yang utama pada sebuah komputer.
Lan card (Local area network)
Multimedia card sering digunakan
oleh para editor movie, peralatan ini yang paling penting dan harus ada.
VGA card (Video Grafich Adapter) menghubungkan antara CPU dengan monitor, semakin besar kemampuan VGA maka
semakin bagus tampilan yang dihasilkan.
Sound card menghubungkan
perangkat audio ke komputer, input dari microphon dan output ke speaker.
Floppy drive adalah media
penyimpanan yang bersifat mobile (mudah dipindahkan) kapasitas terbatas, lebih
cepat rusak apabila dipakai berulang kali atau terkena air dan medan magnet.
CD/DVD/BLUE RAY ROM merupakan
media penyimpanan yang bersifat mobile, kapasitas penyimpanan besar, lebih awet
dibanding floppy.
Power supply merupakan sumber
daya utama sebuah komputer, mengalirkan listrik keseluruh komponen komputer,
semakin banyak teknologi yang ditanam di PC kapasitas daya harus semakin besar.
Cassing dapat disesuaikan
dengan PC apa yang akan kita buat, sesuai selera.
IO Port berfungsi untuk menghubungkan perangkat input
dan output dengan CPU. Jenis port yang ada pada komputer antara lain : Port
Paralel (LPT1 atau LPT2), Port Serial (Com1 , Com2), Port AT/PS2, USB Port,
Port VGA, Port Audio. Bus adalah
saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian lain.
Pertemuan VI
Pengenalan media penyimpanan data (Storage)
Penyimpanan Primer
= memory yang dapat diakses langsung oleh processor
Penyimpanan
sekunder = memory yang diakses processor melalui piranti I/O
Prymary Storage
§ Random Akses Memory (RAM)
§ Read Only Memory (ROM)
§ Cache Memory
Secondary Storage
Berdasarkan cara akses :
§ Sequential Acces Storage Device (SASD) ,Magnetic Tape, Punched Card, Paper
Tape
§ Direct Acces Storage Device (DSAD)
·
Magnetic Disk : Floppy Disk, Harddisk
·
Optical Disk : CD-Rom, DVD, FMD
·
Gabungan : Magneto Optical Disk
§ Electrical Storage
· Flash Disk
· MMC, SD, Memory Stick, CF
· SSD (Solid State Disk)
Pertemuan VII
Pengenalan perangkat lunak (Soft Ware)
Merupakan program
yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk
melakukan kegiatan sehingga ada komunikasi anatara komputer dengan pemakai.
Evolusi perangkat lunak
Era Pioner (evolusi perangkat lunak 1)
Era Stabil (evolusi perangakt lunak 2)
Era Mikro (evolusi perangkat lunak 3)
Era Modern (evolusi perangkat lunak 4)
Klasifikasi perangkat lunak
Sistem operasi : saat komputer
pertama kali dihidupkan, sistem operasilah yang pertama kali digunakan. Sistem
operasi yang mengatur seluruh proses. Contoh sistem opeasi : DOS, Unix, Windows
95
Perangkat lunak bahasa merupakan
perangkat lunak yang menkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang
manusia kedalam format yang dijalankan komputer.
1.
Bahasa tingkat rendah (Machine Language) merupakan
bahasa yang digunakan dalam komputer itu sendiri. ( Assembly Languae, RPG
(Repeat Program General) ).
2.
Bahasa tingkkat menengah merupakan bahasa
komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari.
Program Fortran ( Formula Translator ).
3.
Bahasa tingat tinggi merupakan bahasa komputer yang
sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari. ( Basic,
Cobol, Pascal ).
Program Aplikasi merupakan suatu program yang telah dirancang dan dibuat
khusus untuk kebutuhan tertentu.
1.
Word processing (pengolah kata)
2.
Program DATABASE
3.
Program SPREADSHEET
4.
Prgram CAD (Computer Aided Design)
5.
Program Layout Artikel (Publisher)
6.
Program aplikasi Multimedia
7.
Program aplikasi internet
8.
Program aplikasi ames
Saran
Untuk perkuliahan
kedepan tetap sama bagaimana cara atau metode penyampaiannya, karena yang
kemarin pun sudah dapat diterima dengan baik oleh saya. Namun, untuk dapat
lebih dimengerti lagi tentang materi yang disampaikan saya harap penyampaiannya
jangan terlalu cepat.
Mudah-mudahan
kedepannya bisa lebih baik...........AMIIN
TERIMAKASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar